Rabu, 28 Oktober 2015

Setup Jambu Biji

Setelah antar sekolah, saya meluncur ke Giant untuk belanja bahan makanan. Begitu memasuki area buah-buahan langsung terhirup aroma masa kecil... aroma jambu... Ahhh teringat buatan mami, setup jambu. Langsung sobek plastik, cemplungin beberapa jambu, timbang. Belum pernah bikin sendiri tapi inget banget ada kayu manisnya.
Nyari deh ke lorong bumbu kering. Sayangnya yang ada hanya kayu manis bubuk, gapapa deh ambil aja.
Sampe rumah agak ragu mau bikin. Ngga yakin dengan kayu manis bubuk. Jadilah nanya mami dulu biar aman suraman. Menurut mami sebaiknya pakai kayu manis batangan. Gagal bikin pagi itu karena ada bahan yang kurang.
Sore setelah jemput sekolah baru mampir ke warung.. dan ternyata ada. Harganya hanya Rp 500 (lima ratus rupiah). Mari kita proses...
Siapin panci, tuang air matang + gula pasir + kayu manis, tes apakah manisnya sudah pas, kalau sudah langsung panaskan..
Sementara itu kita cuci dan potong-potong jambunya. Motongnya bebas aja sesuai selera. Setelah air mendidih, cemplungkan jambunya. Nah ini juga sesuai selera, apakah mau direbus lama sampai lembek atau sebentar saja. Lalu matikan api, tunggu dingin. Masukkan kulkas.
Mantap dinikmati saat matahari terik.
Selamat mencoba yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar